Senin, 03 November 2014

SISTEM INFORMASI KASTAMER

 Sistem Informasi Kastamer (SISKA) suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola data-data yang ada mulai dari data jaringan, data pelanggan, data service level guaranty for customer (Segmentasi layanan), dan data abonemen  pelanggan.
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan komunikasi yang mengakibatkan bertambahnya para pelanggan telkom, maka dirasa perlu ada aplikasi baru sebagai inovasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap pelanggan terutama pelanggan pada Cluster Corporate dan bisnis disamping tidak mengabaikan pelayanan prima kepada pelanggan Residensial dan Sosial.
SISKA adalah sebuah aplikasi internal telkom yang mengelola data pelanggan dengan sekuritas dan akurasi data yang tinggi, dengan demikian hal ini menjadi masalah mengingat operasional harian kerja untuk penanganan gangguan dan instalasi, administrasi pelanggan telah di serahkan ke pihak ke-3 (tiga) sebagai langkah efektifitas dan efisiensi operasional keuangan perusahaan.
Sementara mereka yang berhak untuk mengakses data-data SISKA hanya dikhususkan untuk Karyawan TELKOM, sehingga hal ini menyulitkan bagi para OutSourcing TELKOM terutama bagi mereka yang ingin mengakses data untuk keperluan pekerjaan (misalnya penanganan gangguan, dan instalasi telepon baru), mereka harus menghubungi Karyawan Telkom yang juga sibuk dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya.
Karena hal tersebut diatas, maka untuk memudahkannya diperlukan suatu piranti lunak khusus yang berfungsi sebagai data kedua dari data-data SISKA yang bisa di-Upload dan di Download oleh rekan-rekan OutSourcing tanpa harus khawatir rusaknya kefalidan data SISKA sebagai core data. Dengan piranti lunak yang baru rekan-rekan Outsourcing memiliki akses untuk input dan edit data, yang kemudian setiap harinya perubahan data akan di Upload oleh Karyawan Telkom ke SISKA, sampai dengan laporan bulanan untuk performansi jaringan secara online.

Berikut program program yang terdapat di dalam SISKA:
1. Customer Care :
Pada customer care terdapat 2 program yaitu:
a.    G.Contact
Piranti lunak pro-aktif yang baru untuk Front Office, yakni G.Contact, meliputi fungsionalitas aplikasi Customer Relationship Management (CRM). Dengan Front Office yang terintegrasi dengan Back Office, proses kerja dan interaksi antara Customer Service Relation (CSR) dan pelanggan akan semakin dipermudah.
Dengan adanya modul canggih tindak-lanjut kontak, aplikasi ini dapat mengelola seluruh kontak dengan pelanggan dan memungkinkan untuk mendefinisikan pesan pemasaran tertentu kepada pelanggan sesuai dengan segmentasinya. Jika perlu, G.Contact juga bisa dihubungkan dengan Call Center, dan memadukan Customer Telephony Coupling (CTC) di plasa atau pusat penjualan.
G.contact adalah sebuah aplikasi grafis unik yang bisa dipergunakan untuk semua fungsi yang berhubungan dengan pengelolaan pelanggan dalam solusi Gaia : Komersial, Keuangan, Pengelolaan Jaringan, Gangguan, Management Resiko.

b.    G.CLIENT
Solusi untuk pengelolaan pelanggan korporasi atau Corporate Client Relationship Management (CCRM) amatlah diperlukan untuk dapat mengelola pelanggan korporasi secara baik. Untuk itulah, Sofrecom mendesain G.Client. Sebagai bagian dari solusi Customer Care, G.client mengintegrasikan seluruh kebutuhan bisnis yang terkait dengan pengelolaan hubungan pelanggan korporasi secara komprehensif. Kelengkapan dan kemudahan solusi kami memberikan dimensi baru pengelolaan klien korporasi kepada operator

2. Back Office
   Pada Back office terdapat 3 program yaitu:
a.    Gaia BCC
Gaia BCC adalah sentral atau jantung dari Gaia Software Suites Seluruh kegiatan back-office dikendalikan dengan menggunakan aplikasi yang terintegrasi ini.
b.    G. CATALOG
G.Catalog adalah aplikasi yang memungkinkan untuk mendesain dan menyusun produk, layanan dan penawaran tariff (tariff offers) operator telekomunikasi sesuai dengan target market yang telah ditetapkan berikut fitur-fitur yang terkait.
c.    RATING SUPERVISOR
Rating Supervisor adalah rating engine management tool terbaru dari Gaia BCC 6.1 suite yang melakukan rating CDR, billing serta penghitungan tariff offers. Supervisi proses rating & pre-billing dilakukan secara online melalui interface grafis berbasis web yang dinamakan G.Supervisor.

3. Network Management
            Pada network management terdapat 2 program yaitu:
a.    G. NETWORK
Gaia network adalah sebuah aplikasi pengelolaan jaringan local loop yang memberikan kemudahaan dan fleksibilitas kepada operator jaringan. Dikembangkan dengan fasilitas parameterisasi yang biasa mengadaptasi kebutuhan akan deskripsi infrastruktur dan layanan secara lengkap, gaia network dapat dengan cepat disesuaikan tidak hanya dengan perangkat baru tetapi juga denga teknologi baru, melalui fasilitas perangkat khusus.
 Manajemen cabang dimudahkan oleh dukungan input , gaia network juga diakses dari aplikasi front-office, sehingga memungkinkan dilakukannya studi otomatis terhadap permintaan sambungan.
Dalam beberapa kasus yang kompleks sangat mungkin untuk kembali ke studi teknis yang tidak dapat diselesaikan pada modus interaktif, setelah studi teknis selesai termasuk alokasi  sumber dayanya, perintah put into service dapat diberikan oleh aplikasi lain dari sistem informasi komersial.
b. G. FAULT
G.fault menyediakan semua proses bisnis yang terintegrasi dalam pengelolaan gangguan dalam rangka meminimalkan waktu perbaikan, pelaporan ganguan secara real time, melakukan berkonsultasi tindakan lanjut penanganan gangguan setra untuk mengoptimalkan penjadwalan tim teknis gangguan.
Jika kualitas pelayanan meningkat berkat penanganan gangguan yang cepat dan tepat, akhirnya kepuasan pelanggan akan meningkat.

4.    Administration
a.    Gaia admin
Adiministrasi sistem dan pengguna dilakukan secara online melalui modul web gaia admin.
b.    I.Dmu

Interfacing aplikasi gaia dengan aplikasi eksternal seperti payment system atau provisioning system dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya modul gaia UMDI yang bisa dikonfigurasi.

0 komentar:

Posting Komentar