Sistem
Informasi Kastamer (SISKA) suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola
data-data yang ada mulai dari data jaringan, data pelanggan, data service
level guaranty for customer (Segmentasi layanan), dan data abonemen pelanggan.
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan komunikasi
yang mengakibatkan bertambahnya para pelanggan telkom, maka dirasa perlu ada
aplikasi baru sebagai inovasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap
pelanggan terutama pelanggan pada Cluster Corporate dan bisnis
disamping tidak mengabaikan pelayanan prima kepada pelanggan Residensial dan
Sosial.
SISKA adalah sebuah aplikasi internal telkom yang
mengelola data pelanggan dengan sekuritas dan akurasi data yang
tinggi, dengan demikian hal ini menjadi masalah mengingat operasional harian
kerja untuk penanganan gangguan dan instalasi, administrasi pelanggan telah di
serahkan ke pihak ke-3 (tiga) sebagai langkah efektifitas dan efisiensi
operasional keuangan perusahaan.
Sementara mereka yang berhak untuk mengakses
data-data SISKA hanya dikhususkan untuk Karyawan TELKOM, sehingga hal ini
menyulitkan bagi para OutSourcing TELKOM terutama bagi mereka yang ingin
mengakses data untuk keperluan pekerjaan (misalnya penanganan gangguan, dan
instalasi telepon baru), mereka harus menghubungi Karyawan Telkom yang juga
sibuk dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya.
Karena hal tersebut diatas, maka untuk
memudahkannya diperlukan suatu piranti lunak khusus yang berfungsi sebagai data
kedua dari data-data SISKA yang bisa di-Upload dan di Download
oleh rekan-rekan OutSourcing tanpa harus khawatir rusaknya kefalidan
data SISKA sebagai core data. Dengan piranti lunak yang baru rekan-rekan
Outsourcing memiliki akses untuk input dan edit data, yang
kemudian setiap harinya perubahan data akan di Upload oleh Karyawan
Telkom ke SISKA, sampai dengan laporan bulanan untuk performansi jaringan
secara online.
Berikut
program program yang terdapat di dalam SISKA:
1. Customer Care :
Pada
customer care terdapat 2 program
yaitu:
a.
G.Contact
Piranti lunak pro-aktif yang baru
untuk Front Office, yakni G.Contact, meliputi fungsionalitas
aplikasi Customer Relationship Management
(CRM). Dengan Front Office yang
terintegrasi dengan Back Office,
proses kerja dan interaksi antara Customer
Service Relation (CSR) dan pelanggan akan semakin dipermudah.
Dengan adanya modul canggih
tindak-lanjut kontak, aplikasi ini dapat mengelola seluruh kontak dengan
pelanggan dan memungkinkan untuk mendefinisikan pesan pemasaran tertentu kepada
pelanggan sesuai dengan segmentasinya. Jika perlu, G.Contact juga bisa dihubungkan dengan Call Center, dan memadukan Customer
Telephony Coupling (CTC) di plasa atau pusat penjualan.
G.contact adalah sebuah aplikasi grafis unik
yang bisa dipergunakan untuk semua fungsi yang berhubungan dengan pengelolaan
pelanggan dalam solusi Gaia : Komersial, Keuangan, Pengelolaan Jaringan,
Gangguan, Management Resiko.
b.
G.CLIENT
Solusi untuk pengelolaan pelanggan korporasi atau Corporate Client Relationship
Management (CCRM) amatlah diperlukan untuk dapat mengelola pelanggan
korporasi secara baik. Untuk itulah, Sofrecom mendesain G.Client. Sebagai bagian dari solusi Customer Care, G.client mengintegrasikan seluruh kebutuhan bisnis
yang terkait dengan pengelolaan hubungan pelanggan korporasi secara
komprehensif. Kelengkapan dan kemudahan solusi kami memberikan dimensi baru
pengelolaan klien korporasi kepada operator
2. Back Office
Pada Back office terdapat 3 program yaitu:
a.
Gaia
BCC
Gaia
BCC adalah sentral atau jantung dari
Gaia Software Suites Seluruh kegiatan
back-office dikendalikan dengan
menggunakan aplikasi yang terintegrasi ini.
b.
G.
CATALOG
G.Catalog adalah aplikasi yang memungkinkan
untuk mendesain dan menyusun produk, layanan dan penawaran tariff (tariff offers) operator telekomunikasi
sesuai dengan target market yang
telah ditetapkan berikut fitur-fitur yang terkait.
c.
RATING SUPERVISOR
Rating Supervisor adalah rating engine
management tool terbaru dari Gaia BCC 6.1 suite yang melakukan rating CDR,
billing serta penghitungan tariff offers.
Supervisi proses rating & pre-billing dilakukan secara online melalui interface grafis berbasis web
yang dinamakan G.Supervisor.
3. Network Management
Pada network management terdapat 2 program yaitu:
a.
G. NETWORK
Gaia network adalah sebuah aplikasi pengelolaan
jaringan local loop yang memberikan
kemudahaan dan fleksibilitas kepada operator jaringan. Dikembangkan dengan
fasilitas parameterisasi yang biasa mengadaptasi kebutuhan akan deskripsi
infrastruktur dan layanan secara lengkap, gaia
network dapat dengan cepat disesuaikan tidak hanya dengan perangkat baru
tetapi juga denga teknologi baru, melalui fasilitas perangkat khusus.
Manajemen cabang dimudahkan oleh dukungan input , gaia network juga
diakses dari aplikasi front-office, sehingga memungkinkan
dilakukannya studi otomatis terhadap
permintaan sambungan.
Dalam beberapa kasus yang kompleks sangat mungkin untuk
kembali ke studi teknis yang tidak dapat diselesaikan pada modus interaktif,
setelah studi teknis selesai termasuk alokasi
sumber dayanya, perintah put into
service dapat diberikan oleh aplikasi
lain dari sistem informasi komersial.
b. G.
FAULT
G.fault menyediakan semua proses bisnis
yang terintegrasi dalam pengelolaan gangguan dalam rangka meminimalkan waktu
perbaikan, pelaporan ganguan secara real
time, melakukan berkonsultasi tindakan lanjut penanganan gangguan setra
untuk mengoptimalkan penjadwalan tim teknis gangguan.
Jika kualitas pelayanan meningkat berkat penanganan gangguan
yang cepat dan tepat, akhirnya kepuasan pelanggan akan meningkat.
4.
Administration
a.
Gaia admin
Adiministrasi sistem dan pengguna dilakukan secara online melalui modul web gaia admin.
b.
I.Dmu
Interfacing aplikasi gaia dengan aplikasi eksternal seperti payment system atau provisioning
system dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya modul gaia UMDI
yang bisa dikonfigurasi.
0 komentar:
Posting Komentar